Categories
Uncategorized

Dosakah aku?

Hari ini selesai kuliah Manajemen SDM, gw mutusin untuk langsung balik. Baru aja beberapa langkah keluar dari fakultas, ada seorang bapak yang nanya ke gw, ”neng, kalo ke jalan raya ke arah mana ya neng?”.

Bapak itu udah lumayan tua, mungkin sekitar 50an. Mukanya keliatan bingung dan capek banget. Langsung aja gw tanya, ”Bapak mau kemana?”.

”Saya mau ke arah pocin neng… ” logat sundanya kerasa banget.

”Kalau pocin jalannya ke arah sana, Pak. Ini masih stasiun UI, stasiun berikutnya baru pocin”, gw menunjuk ke arah pocin.

”Jauh gak neng? Ada 2 kiloan?”, Bapak itu terlihat khawatir.

”Lumayan pak… bapak tujuannya mau kemana?” gw mastiin tujuan Bapak ini karena takut salah arah.

”Saya mau ke kampung rambutan neng… saya teh nyari sodara saya dari kampung… katanya teh di ui bagian cleaning servis… tapi gak ketemu…”.

Ya ampun… kasian banget ini bapak… pikir gw.

”Bapak tau sodara bapak di fakultas apa?” bok! Secara UI ada 10 fakultas gitu ya… kalo sampe gak tau ya bingung juga…

”Di fakultas ekonomi neng…”tapi tadi teh saya udah kesana gak ketemu… saya jalan neng dari ekonomi… capek… mana saya lagi puasa…” suaranya mulai bergetar.

Gw pun tambah bingung.

”Trus sekarang bapak mau kemana?” gw pun jadi khawatir.

”Mau ke kampung rambutan aja… mau pulang ke kampung”.

”Bapak kampungnya dimana?”

”Saya teh ti tasik…”

Haduh… ya Allah… kasian banget ya ni bapak… gw mesti gimana ya???”

“Kalo Terminal kampung rambutan teh jauh gak neng? Ada 2 kiloan?”

“Bapak kalau mau ke kampung rambutan naik angkot aja pak dari margonda… saya Sekarang juga mau ke margonda, bareng sama saya aja jalannya.”

“Saya mau jalan kaki aja… Saya teh dari kampung cuma bawa uang 30000… Sekarang udah abis… kalo di Jakarta teh numpang di angkot dimarahin ya neng?”

Gw bener2 bingung, di satu sisi gw pengen banget nolong bapak ini. Tapi disisi lain gw juga takut. Ini Jakarta bosh! Apa aja bisa terjadi. Gw kan gak tau niat bapak ini apa. Siapa tau ada niat jahat.

Di jalan ke arah margonda si bapak itu cerita, ”saya teh mau nyari si bibi… mau ngasih kabar anaknya meninggal di kampung… tapi sekarang udah dimakamin. Si bibi teh udah gak pulang 5 bulan…” suara bapak itu bergetar nyaris kaya orang nangis.

Speechless!!! Gila. Gw bener2 gak tau mesti ngapain sekarang. Apa ini bapak gw anterin aja lagi ya ke FE trus gw bantuin cari yang dia sebut dengan ”si bibi” disana? Tapi si bapak udah ke FE katanya… duh… mana keliatannya dia bingung, capek n lemes banget lagi! Ato gw beliin makanan aja dulu ya? Tapi katanya dia lagi puasa… GOD!! Gw mesti gimana??? Gw kasih duit aja apa ya??? Tapi saat itu uang gw seratus ribuan dan bener2 gak ada uang kecil senilai lima ato sepuluh ribuan… gw gak tau juga mesti nuker dimana. Tapi trus gw mikir juga, ini bapak bener gak ya dari kampung? Jangan2 emang cuma bikin orang kasian biar dikasih duit. Gw mau nelp nyokap gw saking bingungnya. Tapi agak takut juga buat ngeluarin hp. Aaarrrrggghhhtttt!!!!!!!!

Setelah sampe di margonda si bapak itu bilang, ”Capek neng… kalau mau istirahat dimana ya? Perut bapak sakit..” bapak itu menunjuk bagian lambungnya. Mukanya melas banget. Akhirnya gw bawa bapak itu ke tempat duduk di tempat biasa gw nunggu bus. Gw pun duduk.

Saat duduk pikiran2 itu datang lagi. Gw kasian banget sama bapak ini. Tapi untuk nolong gw agak takut. Daritadi sebisa mungkin gw ngehindarin eye contact, mengingat kejadian2 di tv soal orang dihipnotis dll. Mana hari ini gw gak bawa apa2 lagi selain laptop! Buku pun gak bawa.. astaga… tapi kalo gw inget2 daritadi gw ketemu dia, dia pun kaya gak berani natap gw. Kayanya canggung dan terlalu bingung. Apa emang bener ya dia dari kampung? Abis lugu banget keliatannya… duh… gw mesti gimana ya???
Gw merogoh kantong gw n nemuin selembar uang seribuan. Duh! Kalau mau ngasih mana cukup cuma seribu, pikir gw. Akhirnya gw ngubek2 tas gw yang isinya berantakan gak karuan. Gw nemuin 4 uang logam 500an. 3 ribu. Cukuplah buat naek angkot ke kampung rambutan. Tapi dari kampung rambutan ke tasik pake uang darimana nih bapak?!?! Aahhh… udahlah… gak usah dipikirin dulu. Yang penting sekarang gimana caranya ni bapak sampe ke terminal kampung rambutan.

Akhirnya tiga ribu itu gw masukin ke kantong baju bapak itu, ”Pak, ini buat naek angkotnya ya pak… nanti bapak naek aja angkot yang nomornya 112, ada tulisannya kampung rambutan”.

”Kalo jalan jauh ya neng?”

”Wah… jauh banget pak. Bapak gak mungkin jalan kesana…” bok! Yang lagi gak puasa aja belum tentu kuat. Apalagi bapak ini lagi puasa.

”Kalau terminal Depok dimana ya neng?”

“Kalau Terminal Depok diarah sana pak”, gw menunjuk arah berlawanan sama arah kampung rambutan.

“Jauh gak neng? Bapak mau jalan aja”.

”Lumayan juga pak… tapi kalau mau jalan, lebih deket ke terminal depok daripada kampung rambutan…”

”Yaudah deh neng bapak jalan aja… makasih ya neng…”

”Naik angkot aja pak dari seberang. Jadi gak capek.”

”Gak ah neng… bapak mau jalan aja.”

Yaudah lah… terserah si bapak.

”Makasih ya neng…”

”Sama2 pak. Hati2.”

Nyampe di rumah gw langsung cerita sama nyokap gw. Gila. Sedih banget rasanya gak bisa nolong orang. Kalo dibilang bystander effect gak juga. Soalnya gw cuma sendiri waktu itu. Kalau gw sama temen waktu itu mungkin gw bisa ngenter si bapak ke FE lagi trus gw bantuin cari bibinya. Ato gw anterin sampe kampung rambutan sekalian juga gpp deh. Tapi gw sendiri waktu itu. Dan jujurly gw takut. Kalo gw diapa2in gimana?? Sedih ya… apa kata orang daerah ya soal orang2 di jakarta. Pasti mereka pikir orang2 jakarta itu gak peka n gak peduli sama orang2 di sekitar yang butuh bantuan. Sedih sih sama pendapat itu… tapi mau gimana lagi… lingkungan kota besar ngajarin kita untuk selalu waspada.

Ya Allah… kalau memang Bapak itu berniat jahat, terimakasih telah melindungiku ya Allah… tapi kalau Bapak itu memang benar kesulitan, dosakah aku???

©dhya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *