Categories
Uncategorized

Dhya chocolate factory

Ayo bikin coklat!

Untuk bahannya kita perlu beberapa blok coklat. biasanya sih coklat cholatta (bisa dibeli di pasar). coklat ini ada 3 macam: dark, milk, white. tinggal dipilih sesuai selera…

Alat2 yang diperluin gak susah kok… cuma mangkok aluminium, garpu/sendok, pisau, dan cetakan coklat (ini juga bisa dibeli di pasar… biasanya di tempat jual plastik. tersedia dalam berbagai macam bentuk. tinggal dipilih juga sesuai selera.)

Pertama2… potong coklat menjadi bagian-bagian yang tipis dan masukkan ke dalam mangkok aluminium

Setelah itu… coklat ditim diatas air mendidih. aduk sesekali sampai coklat meleleh. Note: biasanya colat leleh dalam 5-10 menit.

Angkat mangkok aluminium dari air mendidih setelah coklat meleleh.

Setelah coklat diangkat, coklat bisa langsung dimasukkan ke dalam cetakan. Note: kalau mau buat coklat yang yang dua lapis (misalnya bagian bawah putih dan bagian atas coklat atau sebaliknya) masukkan dulu setengah cetakan coklat putih (seperti pada gambar), masukan ke dalam kulkas sebentar sampai coklat sedikit mengeras setelah itu baru boleh ditimpa lagi dengan coklat warna lain. kalau mau berkreasi mengisi coklat dengan hazelnut, chococrunch, dll caranya masukkan isi coklat ini setelah lapisan pertama. masukkan ke kulkas, lalu baru boleh ditimpa lagi setelah coklat mengeras.

Nahhh… kalau cetakannya udah penuh, masukin kulkas deh…

Coklat dimasukkan dalam kulkas selama 5-10 menit. keluarkan. Note: biasanya coklat yang sudah mengeras bisa dengan mudah keluar dari cetakannya kalau cetakannya dibalik dan dengan hanya sedikit menggoyang cetakannya. kalau coklat belum mau keluar dari cetakan berarti coklat belum sepenuhnya mengeras. jangan paksa mengeluarkan coklat dari cetakan karena hasil akhirnya coklat tidak akan mengkilap.

Kalau semua coklat udah jadi, tinggal dikemas deh sesuai selera…

Selamat menikmati… 🙂

————————————————————————————

Note: Semua foto dalam posting ini diambil langsung dari dapur gw waktu behind the scene pembuatan coklat buat sunflowers 🙂

Semoga bermanfaat yaaa… dan semoga fotonya juga cukup menjelaskan. Selamat mencoba 😉

©dhya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *